Dibaca ya...

Wishnutama Rinci Dana Rp72 M buat Wisata, Termasuk Influencer

27

Pemerintah akan menyewa influencer asing untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kancah internasional. Influencer asing yang dibidik pemerintah, antara lain berasal dari Amerika Serikat (AS), Eropa, Australia, India, dan Timur Tengah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyatakan sebelum menyewa, pihaknya akan melihat detail identitas calon influencer yang akan disewa untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Selain itu, pemerintah juga akan melihat jumlah penonton (viewers) video YouTube milik influencer.

Itu semua akan dijadikan bahan pertimbangan dalam menyewa influencer.

“Misalnya si A, engagement- nya berapa, viewers di YouTube atau Instagram berapa. Nah dari gitu gitu lah yang akan kami lihat. Yang paling bagus akan kami approach,” ungkap Wishnutama di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (26/2).

Ia mengaku akan segera mencari calon influencer yang tepat. Namun, pihaknya masih menunggu pencairan dana untuk membayar influencer dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Pemerintah sebelumnya menuturkan akan menyiapkan dana sebesar Rp72 miliar untuk membayar influencer demi menarik wisatawan asing. Namun, Wishnutama menegaskan bahwa dana itu bukan semata-mata untuk influencer.

“Anggaran ini yang Rp72 miliar, termasuk biro perjalanan. Jadi kerja sama dengan biro perjalanan dan joint promotion. Jadi ini besar,” terang dia.

Wishnutama menyatakan belum tahu berapa anggaran yang benar-benar akan dialokasikan untuk membayar influencer. Ia bilang pihaknya masih menghitung secara detail.

“Sekali lagi ya, itu Rp72 miliar itu bukan influencer saja. Ada banyak komponennya, salah satunya influencer,” tegas Wishnutama.

Laman: 1 2

close