Dibaca ya...

Warga Miskin Dapat Sembako & Uang Tunai, Ini Skemanya!

75

Baca ikhtsiar – Selain mengurusi masalah kesehatan terkait penyakit (COVID-19), program Desa Tanggap COVID-19 yang dibentuk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) RI juga akan menangani mitigasi ekonomi yang harus dijalankan oleh pemangku kepentingan di desa-desa.

“Akan menyiapkan logistik tentang ekonomi yang berkaitan dengan bagaimana masyarakat yang sudah terdampak karena tidak bisa melakukan pekerjaan sesuai dengan aktivitas secara normal,” ujar Eko Sri Haryanto Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo) KDPDTT pada Minggu (5/3/2020).

Berikut kategori serta kriteria masyarakat yang bisa mendapatkan bantuan logistik dan sembako selama pandemi COVID-19:

Sangat Rentan

Masyarakat yang masuk kriteria sangat rentan adalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan atau memiliki pekerjaan namun terdampak langsung COVID-19 sehingga tidak bisa mendapatkan penghasilan.

Mereka yang memiliki penghasilan sebanyak-banyaknya Rp 1 juta, dan tidak memiliki jaminan sosial apapun juga termasuk dalam kriteria ini.

Rentan

Untuk kategori rentan, kriterianya adalah memiliki pekerjaan yang terdampak COVID-19 dengan penghasilan sebanyaknya Rp 2 juta per bulan. Selain itu, memiliki jaminan sosial atau BPJS Kesehatan mandiri atau/serta BPJS Ketenagakerjaan.

Masyarakat yang masuk ke dalam kategori ini setidaknya memiliki cadangan ekonomi, baik barang atau uang yang setara dengan nilai Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta.

Laman: 1 2 3

close