Dibaca ya...

Ustaz Abdul Somad soal Salat Jumat Ditiadakan karena Korona: Saya Percaya MUI

538

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad kembali menyampaikan pandangannya terkait wabah virus korona atau Covid-19 yang saat ini menerpa Indonesia. Secara khusus, UAS menyoroti tentang salat Jumat yang ditiadakan sementara berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Dalam akun Instagram miliknya, UAS mengunggah video pendek berjudul “Bagaimana sikap UAS terhadap situasi wabah corona?”. Video ini berisi tentang jawaban doktor ilmu hadist lulusan Sudan tersebut terhadap pertanyaan jamaah.

Di awal video, UAS menyinggung adanya kerisauan sebagian orang tentang mengapa masjid mesti ditutup, sementara mal, bandara, dan bioskop tidak. Menurut dia, adanya kerisauan ini tidak serta-merta orang lalu harus menyatakan: masjid jangan ditutup!

“Yang tepat itu tidak begitu. Tidak berkerumun di masjid juga tidak berkerumun di mal,” kata UAS, dalam akun Instagram, Jumat (20/3/2020).

Menurut ustaz kelahiran Asahan, Sumatera Utara ini, jangan sampai ketika seseorang ditanya kenapa tidak salat Jumat atau salat berjamaan di masjid dia menjawab takut tertular virus korona, tetapi justru jalan-jalan ke mal. Hal ini tidak benar.

Begitu pula dalam rangka kewaspadaan terhadap penyebaran virus mematikan ini, menurut dia, semestinya orang asing yang tidak steril juga tidak bisa bebas masuk ke Indonesia. Untuk itu, paling tepat adalah seluruh pihak harus saling menjaga.

“Saya percaya kepada Majelis Ulama Indonesia dan khusus Mesir karena saya alumni Al Azhar (Kairo),” ucap peraih gelar S2 dari Universitas Darul Hadis, Maroko ini.

UAS memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya patuh pada ulama-ulama Mesir. Perlu dipahami bahwa kasus positif dan terinfeksi virus korona di Mesir jauh di bawah Indonesia.

Berdasarkan perkembangan terkini, kasus terbanyak yakni China, Italia, Iran kemudian Indonesia. Kendati tak separah Indonesia, tetapi pemerintah Mesir telah mengeluarkan imbauan serupa.

Laman: 1 2

Source sumber
close