Dibaca ya...

Peluang Bisnis Jajanan Tempo Dulu yang Banyak Diminati

49

Bacaikhtisar Siapa dari kalian yang rindu akan makanan dan permainan zaman dulu, beberapa tahun belakangan jajanan unik tempo dulu kian marak kembali di media sosial. Menemukan kembali barang-barang yang jarang ditemui menjadi momen nostalgia yang sangat menyenangkan untuk kembali diingat bukan?

Dengan adanya hal itu, tidak heran sekarang ini bermunculan bisnis jajanan unik yang mengkhususkan berjualan cemilan atau produk lain yang telah populer di tahun 1980 hingga 1990an. Aneka jajanan tersedia mulai dari permen karet Yosan, coklat koin, permen telur cicak, mie Gemez, permen payung hingga beragam permainan seperti gembot, pletokan, ketapel, kipas lampion hingga balon tiup. Ayo ngaku kamu pernah coba makanan dan permainan itu?

Nah karena rasa nostalgia banyak orang yang mencari barang-barang tersebut ditambah lagi di era digital seperti sekarang. Hal inilah yang bisa jadi alasan kamu untuk memulai bisnis dengan minim kompetitor seperti ini.

Bahkan hal tersebut dijadikan peluang bisnis oleh Dinda Neswari, pemilik CV Mbok Jajan Indonesia yang beralamat di Jalan Karangkajan Nomor 961, Yogyakarta. Ada empat kategori produk yang ia jual, yakni jajanan, mainan, perabotan, dan perawatan lawas. Saat ini Mbok Jajan telah memiliki puluhan ribu pengikut di akun Instagram resmi miliknya. Kebanyakan produk yang diincar adalah jajanan dan mainan jadul.

https://www.instagram.com/p/B9wWVvIBd9h/?utm_source=ig_embed

Mbok Jajan sendiri membanderol harga jajanan lawas mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 25.000 per bungkus, mainan Rp 2.000-Rp 250.000 per unit, serta perabot piring dan gelas yang terbuat dari seng Rp 15.000-Rp 85.000 per unit.

Pembelian produk jadul ini bisa diakukan via online, dalam sehari pemilik Mobok Jajan bisa mendapat 50 pesanan dan omzet hingga puluhan juta rupiah.Nah untuk kamu yang ingin memulai bisnis ini, jika dirasa sulit untuk menjual permainan lawas, untuk awal kamu bisa menjual jajanan anak SD tempo yang rasanya dimodifikasi mengikuti lidah zaman sekarang, berikut rekomendasinya:

1. Kue Cubit

eairzp3eodte6mso7hcv.jpg
Kue Cubit-Kafe Betawi Citos Foto: Mela Nurhidayati

Dua tahun belakangan popularitas kue cubit mulai meroket. Bukan saja menjadi jajanan anak sekolahan, tapi kue cubit sendiri menjadi menu unggulan di beberapa kafe di perkotaan. Cara pembuatannya pun cukup sederhana, sehingga para pedagang kue cubit bisa memodifikasi rasa, bentuk, ukuran dan warnanya. Alhasil, Kue Cubit zaman sekarang lebih terlihat menarik dan rasanya jauh lebih enak.

2. Telur Dadar Mini

lm27fzq2dl6cwsal5g4r.jpg
ilustrasi telur dadar mini Foto: Shutterstock

Rasanya menikmati telur dadar yang dituang kedalam wadah berbentuk lingkaran sudah sulit ditemukan. Padahal jajanan yang satu ini terkenal karena murah dan identik dengan masa-masa sekolah dasar. Apalagi kamu yang pernah mencoba memasak sendiri.

Caranya membuatnya sangat mudah, bahkan lebih mudah dari menggoreng telur pada umumnya. Bisanya dijual dengan menggunakan telur burung puyuh tetapi kamu juga bisa mengganti dengan telur ayam biasa. Bagaimana tertarik mencoba?

Laman: 1 2

close