Dibaca ya...

Nyawa Dokter Muda di Surabaya Melayang Ulah Pasien Positif Covid-19 Tak Jujur

50

 Penyebaran penyakit Covid-19 lebih banyak terjadi melalui sentuhan seseorang dengan perantara virus corona. Seseorang bisa tertular saat berada di dekat orang yang positif Covid-19 atau menyentuh barang atau benda yang disentuh orang lain dan kemungkinan membawa virus atau disebut droplet.

Masalah menjadi pelik karena ada sejumlah pasien yang tak menunjukan gejala Covid-19. Yang lebih menyedihkan, penyebaran penyakit Covid-19 terjadi karena pasien yang tidak jujur dengan kondisi tubuhnya. Mereka seperti tak menyadari ketidakjujuran yang sudah dilakukan bisa menyebabkan orang lain sakit bahkan merenggut nyawa.

Dilansir dari Liputan6.com,  seorang dokter yang bertugas di RSUD dr. Soewandhie, Kota Surabaya, Jawa Timur dikabarkan meninggal dunia dan diduga terkonfirmasi positif covid-19.

Dokter tersebut bernama Berkatnu Indrawan Janguk yang menjadi salah satu tim medis yang bertugas menangani pasien COVID-19 di IGD Soewandhie.

Menurut keterangan Koordinator Protokol Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, drg. Febria Rachmanita, dokter Berkatnu diketahui tertular COVID-19 dari seorang pasien positif COVID-19 asal Pemalang, Jawa Tengah, yang dirawat di Soewandhie.

Saat dokter Berkatnu berinteraksi dengan pasien tersebut, si pasien tidak jujur kalau dirinya sudah dinyatakan positif COVID-19. Di samping itu, dokter Berkatnu juga diketahui memiliki riwayat asma.

Garda Terdepan Kembali Gugur

Suasana duka menyelimuti RSUD dr. Soewandhie, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin 27 April 2020 malam, ketika salah seorang dokter setempat meninggal diduga akibat terpapar virus corona penyebab covid-19.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara menuturkan, dokter yang meninggal dunia tersebut bernama dr. Berkatnu Indrawan Janguk yang selama ini bertugas di IGD RSUD dr. Soewandhie.

Febri menuturkan, almarhum semasa hidup memiliki riwayat penyakit jantung dan asma. Tiga pekan lalu, almarhum sempat melakukan tes swab di RSUD Soewandhie dan hasilnya dinyatakan positif covid-19.

Laman: 1 2 3

close