Dibaca ya...

Miris, Satu Keluarga di Polman Tinggal di Bekas Kandang Ayam

19

BacaikhtisarPolewali Mandar – Viral sebuah video pendek menampilkan pasangan suami-istri (pasutri) bersama anak-anaknya di Polewali Mandar (Polman), Sulewesi Barat (Sulbar), hidup memprihatinkan bersama ayam-ayam di rumahnya yang bekas kandang. Begini faktanya.

Video ini diketahui direkam oleh sejumlah pemuda yang sedang membagikan bantuan bahan pokok kepada warga kurang mampu, yang semakin sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari, sejak pandemi virus Corona (COVID-19), apalagi menjelang Ramadhan.

“Rumahnya bekas kandang ayam, sangat terisolir,” kata relawan pengambil video yang datang membawakan sembako.

Untuk sampai ke rumah keluarga ini, para relawan harus melalui jalan yang sempit. Rumah keluarga pasutri tersebut tertutup rumah-rumah lainnya.

Dalam video, tampak seorang wanita duduk di depan rumah sedang memasak. Sementara di dalam ruangan ada laki-laki tua sedang mengayun anak laki-laki. Ayunannya dibuat di dekat dipan dan hampir menyentuh lantai rumah yang masih dari tanah. Mirisnya, ayam-ayam terlihat berkeliaran di dalam rumah, bahkan dekat si anak.

Keluarga di Polman yang hidup bersama ayam
eluarga di Polman yang hidup bersama ayam. (Abdy Febriady/detikcom)

Dipan yang ada di rumah semipermanen berukuran 4 x 6 meter itu cukup usang. Kasurnya pun sudah sangat tipis. Terlihat pakaian yang berserakan di atas dipan hingga ke lantai tanah karena tidak ada lemari.

Terlihat juga beberapa ekor ayam yang berkeliaran di dalam rumah. Ayam-ayam itu bahkan membuang kotoran di atas pakaian yang berserakan.

Warga dalam video tersebut diketahui bernama Musdi (60) dan Kamsri (45), pasutri asal Dusun Nganjuk, Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam video, terlihat juga Kamsri sedang merebus air di atas tungku. Ada juga tempe yang berserakan di dekat tempat masak. Hanya, tempat memasak yang berada di depan rumah itu terlihat sangat tidak higienis.

Laman: 1 2

close