Dibaca ya...

Mengungkap Kebenaran Dukhan, Kabut Asap Gelap Tanda Kiamat Datang

99

Bacaikhtisar– Belakangan ini, sebuah pesan berantai menjadi viral di media sosial, yang menyebutkan bakal terjadinya Dukhan atau kabut asap gelap pada 15 Ramadhan 1441 H/Jumat 8 Mei 2020. Isi pesan tersebut memunculkan asumsi bahwa kiamat akan terjadi.

Isu tersebut kian berembus kencang ke publik setelah sebuah akun Facebook bernamaRahma Rumatela mengunggah tulisan bernada peringatan tentang adanya Dukhan.

Kabar itu menyebutkan akan ada benda langit yang menabrak bumi pada malam Jumat, yang seolah-olah menandakan kiamat bakal terjadi. Untuk menguatkan argumen, unggahan tersebut mencantumkan riwayat sabda Rasulullah Muhammad SAW yang disampaikan kepada salah satu sahabatnya, Abdullah bin Mas’ud RA.

Berikut unggahan lengkapnya:

“Terjadinya Dukhan ?( kabut )

?Bulan 5 tgl 8 hari jum’at 2020 15 ramadhan pada pertengahan puasa akan terjadinya bala yg jelas bala yg diturunkan oleh allah dari atas langit. Kalau tak percaya buka “al – quran” yg artinya. “maka tunggulah langit membawa asab yg nyata” (Q.s.AD – Dukhan ayat 10). Kami sudah siap menunggu bala yg diturunkan oleh allah. Kami tlh melafalkan sedikit do’a waktu tibanya kejadian tersebut. *Do’a nya *Subahanal kuddus 3xRabbunal kuddus 3xlaa ilaha anta subhanka Inni kuntu minazzalimin.”

“Do’a ini dibacakan ketika bala akan tiba ,,, ketika bala tiba masuklah ke dlm rmh, tutup pintu dan jendela supaya asab yg jatuh dri langit gk masuk ke dlm rmh, lalu berhadap ke kiblat, sujut, tutup telinga, lalu berselimut dan baca ayat yg di atas. Kalo km ingin menolong umat islam kirimlah ke semua org ,,, klo km bener2 umat islam pasti kamu krm ke semua org ,, banyak orang yg baca lebih baik .. semoga kerena ada nya teks ini bisa menolong org islam “ammiin”
Allhuwalam”

Lantas apa sebenarnya Dukhan?

Berdasarkan sejumlah riwayat, Dukhan adalah kabut asap yang gelap, tebal, tidak mengandung oksigen dan suhunya sangat panas. Akibatnya, bumi akan menjadi gelap sehingga sering dikaitkan dengantanda-tanda datangnya kiamat.

Laman: 1 2 3

close