Dibaca ya...

Materi Kursus Kartu Prakerja Mirip Konten Gratis Youtube

299

 Bacaikhtisar– Program kartu prakerja membuat beberapa platform kursus online kebagian peran. Mereka bisa menawarkan bermacam pelatihan online dengan harga variatif. Mulai Rp 50 ribu sampai Rp 1 juta. Padahal, sejumlah konten pembelajaran sejenis bisa ditonton di YouTube secara gratis.

Gambar

Salah satu platform yang digandeng pemerintah adalah Skill Academy. Platform itu berafiliasi dengan Ruangguru yang dipimpin Adamas Belva Syah Devara, staf khusus Presiden Jokowi. Salah satu materi pelatihan yang ditawarkan adalah bedah CV untuk melamar kerja. Tarifnya Rp 200 ribu. Mereka juga menyiapkan paket ojek online dengan materi menguasai teknik pelayanan terbaik. Untuk paket itu, tarifnya juga Rp 200 ribu. Paket pelatihan online bertarif Rp 1 juta, antara lain, disiapkan oleh platform Sekolahmu. Misalnya, pelatihan teknik fotografi menggunakan HP untuk berjualan online.

Mantan Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, program kartu prakerja disusun atau dirancang sebelum krisis Covid-19. Program itu juga direncanakan untuk diterapkan dalam keadaan normal atau tidak ada wabah seperti saat ini. ’’Makanya, yang dibutuhkan pelatihan-pelatihan,’’ katanya. Namun, saat ini kondisinya jauh berbeda. Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Dalam kondisi seperti saat ini, yang dibutuhkan masyarakat, khususnya para pencari kerja maupun korban PHK, adalah bantuan langsung. ’’Karena itu, saya bukan menolak program kartu prakerja. Melainkan komposisinya,’’ kata Nuh.

Guru besar ITS Surabaya itu mengatakan, uang tunai Rp 600 ribu yang dikucurkan sebaiknya ditambah. Sedangkan alokasi Rp 1 juta untuk membeli paket pelatihan di platform digital mitra pemerintah dikurangi.

Menurut Nuh, kalaupun nanti para peserta program kartu prakerja selesai mengikuti pelatihan, belum tentu mereka bisa langsung bekerja. ’’Dalam kondisi seperti ini, mau kerja apa,’’ katanya.

Dia menambahkan, dengan besarnya alokasi untuk mempelajari konten itu, banyak keuntungan yang bisa diperoleh platform. ’’Rasanya tidak nyaman dalam kondisi seperti ini, ada orang yang sangat membutuhkan bantuan untuk menyambung hidup, tetapi di satu sisi ada yang memperoleh keuntungan besar,’’ paparnya. Menurut dia, dari sisi etika sosial, hal itu tidak tepat.

Pengamat pendidikan Indra Charismiadji menyoroti keberadaan Skill Academy, termasuk konten yang disediakan. ’’Materi soal membuat CV, misalnya, di YouTube bisa ditonton gratis. Materi seperti itu ada,’’ katanya kemarin (16/4). Konten-konten lainnya seperti meracik kopi ala barista juga bertebaran di YouTube.

Dia mengaku sangat prihatin karena konten-konten yang bisa diakses secara gratis malah dijual kepada masyarakat. Apalagi salah satu platform yang menjual konten itu dipimpin staf khusus presiden. Dia mengatakan, keterlibatan perusahaan milik staf khusus presiden dalam program kartu prakerja jelas menimbulkan konflik kepentingan.

Pakar kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Lina Miftahul Jannah juga mengamati sejumlah konten pelatihan online dalam program kartu prakerja. Menurut dia, banyak konten yang cocok untuk para pencari kerja di sektor formal. Misalnya, konten pembuatan CV, panduan wawancara, dan kursus bahasa Inggris.

Laman: 1 2 3

close