Dibaca ya...

Kisah Haru Tukang Kebun Tak Lulus SD Nikahi Bule Cantik dari Jerman

236

Bacaikhtisar Jakarta Nama Sumardin, pemuda asal Luwu Utara, Sulawesi Selatan sempat menjadi perbincangan. Dia menikah dengan seorang bule Jerman, Ermina Fransica.

Cerita cinta Sumardin berawal dari pertemuan tak terduga dengan Ermina. Lokasi yang jadi saksi bisu pertemuan mereka adalah Rumah Pohon di Luwu Utara tahun 2016 silam.

Rumah Pohon merupakan komunitas sosial yang fokus pada pemanfaatan sampah dan pengetahuan umum. Sesuai namanya, bangunan tempat berkumpul komunitas itu memang berada di atas pohon.

Nah, Sumardin yang tak lulus SD, bekerja sebagai tukang kebun dan petani di Luwu Utara. Tapi terkadang ikut membantu juga di Rumah Pohon. Sedangkan Ermina saat itu datang sebagai turis yang senang ikut kegiatan sosial di sana.

Ermina yang bisa berbahasa Indonesia, segera akrab dengan Sumardin. Sering pula keduanya bepergian bersama naik sepeda motor. Lama kelamaan mereka pun menjalin kasih.

Setahun berlalu setelah awal berkenalan. Pasangan beda negara itu mantap melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Sumardin dan Ermina
Sumardin dan Ermina/ Foto: Istimewa

Keduanya menikah di KUA Masamba pada 17 Januari 2017. Pernikahan yang sederhana itu hanya dihadiri keluarga inti. Hal ini diungkap oleh Adnan, pengelola Rumah Pohon yang mengenal dua sejoli itu.

“Pernikahan hanya dihadiri keluarga (Sumardin). Saya tahu sehari setelahnya. Warga sini perhatian karena ini (pernikahan warga setempat dengan warga asing) baru pertama,” ujar Adnan, dikutip dari detikcom, Kamis (23/4/2020).

Saat pernikahan berlangsung, Sumardin berusia 29 tahun. Sementara Ermina lebih tua dari sang suami, yaitu 35 tahun.

Laman: 1 2

close