Dibaca ya...

Jauh dari Kesan Megah Bahkan Bisa Dibilang Hancur Lebur, Seperti Inilah Kondisi Candi Borobudur saat Pertama Kali Ditemukan, Menyedihkan

65

Bacaikhtisar  “Reruntuhan Candi Borobudur ditemukan pertama kali pada tahun 1814, saat Inggris menguasai Jawa, di bawah pimpinan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.” “Pemugaran pertama yang dilakukan pemerintah Hindia Belanda oleh Theodore van Erp sekitar tahun 1907-1911. Dan berlanjut pemugarannya tahun 1973-1983.”

Demikian tulis fans page Facebook Nusantara Bagus yang dilengkapi dengan beberapa foto ‘jadul’ Candi Borobudur. Foto-foto tersebut diperkirakan diambil pada periode 1870-1900.

Foto lama Borobudur

Sampai berita ini ditulis, postingan tersebut sudah dibagikan lebih dari 1000 kali,Ya, Candi Borobudur yang kita ketahui dan sering lihat, bahkan dikunjungi, saat ini adalah hasil beberapa kali pemugaran.

Dalam artikel berjudul di Kompas.com berjudul “Jejak Bencana di Borobudur” digambarkan bagaimana kisah penemuan Borobudur yang nyaris hilang ditelan Bumi.

Borobudur

Keberadaan salah satu keajaiban dunia ini pertama kali terungkap saat Perwakilan Serikat Dagang Inggris di Hindia Timur, Letnan Gubernur-Jenderal Sir Stamford Raffles mendapat informasi tentang adanya monumen kuno raksasa di Desa Bumisegoro, dekat Magelang.

Namun, bukan Raffles sendiri yang pada akhirnya mengungkap keberadaan Candi Borobudur pada 1814, melainkan anak buah yang disuruhnya, seorang insinyur Belanda bernama Cornelius. Cornlius ditugaskan untuk menggali informasi detail mengenai keberadaan ‘monumen raksasa’ tersebut.

Maklum, Raffles memang terkenal sangat tertarik dengan kebudayaan dan sejarah.Cornelius yang memang sangat mengenal seluk-beluk barang-barang antik kemudian tiba di Desa Bumisegoro.

Kondisi Candi Borobudur saat pertama kali ditemukan Cornelius digambarkan sangat menyedihkan.

Kerusakan terjadi di hampir seluruh bagian candi, sebagian bangunan tertimbun, sebagian lagi sudah disesaki oleh semak belukar.

Laman: 1 2 3

close