Dibaca ya...

Ilmuwan Jepang Bikin Daging dari Kotoran Manusia, Katanya sih Lebih Enak dari Beef! Berani Coba?

124

Ada yang bilang ini inovasi gila. Tapi juga ada yang bilang kalau inovasi daging kotoran manusia ini cuma sensasi.

Peradaban manusia era ini disebut-sebut sangat rentan dengan krisis pangan. Makanya nggak sedikit yang berlomba-lomba untuk mewudukan inovasi terobosan, guna menghindari krisis pangan tersebut. Salah satunya inovasi dari ilmuan Jepang yang membuat daging dari kotoran manusia.

Duhh kok kotoran manusia ya? Berita tentang inovasi daging yang terbuat dari kotoran manusia ini sempat menghebohkan pemberitaan di berbagai belahan dunia pada tahun 2011. Laman-laman pemeberitaan kenamaan kelas internasional juga ramai-ramai memberitakan inovasi gila ini.

Inovasi daging dari kotoran manusia katanya merupakan hasil karya inovasi dari seorang peneliti asal Universitas Okayama, Mitsuyuki Ikeda. Kalau dilansir dari laman Liputan6, daging yang terbuat dari kotoran manusia konon mengandung 63% protein, 25% karbohidrat, 3% lipid dan 9% mineral.

Katanya inovasi daging dari kotoran manusia ini dimualai dengan proses pemilahan zat-zat berbahaya dari kotoran manusia seperti E.Coli dan zat-zat berbahaya lainnya. Kemudian kotoran manusia tersebut digiling dan ditambahkan protein kacang kedelai dan juga pewarna merah.

Ilustrasi Steak Daging © Thestayathomechef.com

Setelah mengalami proses pengolahan tersebut, daging dari kotoran manusia ini disebut memiliki cita rasa yang lebih enak dari daging sapi. Tapi, masih merujuk ke laman berita Liputan6, inovasi gila pembuatan daging dari kotoran manusia ini disebut cuma sensasi. Dengan kata lain, inovasi tersebut tidak terbukti kebenarannya.

Usut punya usut nih ya, ternyata si ilmuan penemu daging dari kotoran manusia ini bahkan nggak tercatat sebagai ilmuan bidang pangan. Melainkan justru tercatat sebagai ilmuan sipil di Universitas Okayama Jepang. Nah loh, belum juga nyobain ternyata cuma sensasi. Jadi sejauh ini belum diketahui pasti terkait dengan kebenaran inovasi gila tersebut.

Daging Kotoran Manusia © gothamist.com

Kalau kamu ingin membaca kronologi detail tentang pembahasan inovasi gila daging dari kotoran manusia ini, kamu juga bisa langsung mengunjungi laman Liputan6 untuk mengetahui detail pengusutan berita inovasi gila daging dari kotoran manusia ini.

close