Dibaca ya...

Dari Pesta Gay hingga Karnaval, Acara Massal Penyebar Corona di AS

123

Bacaikhtisar – Tak ada yang menyangka, Amerika Serikat–Si digdaya itu–kewalahan juga berhadapan dengan pandemi virus corona.

Mereka kini menyandang status sebagai negara terdampak paling parah di dunia dengan 431.838 kasus positif corona dan 14.768 kematian. Angka itu bahkan jauh melampaui China daratan sebagai ground zero penyakit COVID-19 ini serta selisih 300 ribuan kasus dengan Spanyol yang ada di urutan kedua.

Meroketnya jumlah kasus positif corona di AS diyakini tak lepas dari sikap acuh tak acuh Presiden Donald Trump. Setelah kematian pertama akibat corona di AS, Trump malah melakukan manuver dengan menyebut lawan politiknya menciptakan hoaks usai mengkritik kepemimpinannya dalam menangani krisis.

Gaya kepemimpinan Trump seolah dicontoh oleh kebanyakan masyarakat AS. Ketika penyebaran virus corona semakin masif di negara Asia dan Eropa pada Februari, mereka terkesan tak peduli.

Peristiwa kelam di Italia seakan tak cukup menjadi gambaran betapa mengerikannya virus asal Wuhan ini. Aktivitas berjalan seperti biasa, sebelum akhirnya Trump menunda kampanyenya pada 12 Maret silam menyusul kemudian penundaan pertandingan NBA dan ditutupnya wahana hiburan Disney.

Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan tanggapan tentang virus corona di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat. Foto: REUTERS / Jonathan Ernst

Namun, langkah itu seakan terlambat. Wabah virus corona kadung merasuk ke paru-paru warga AS yang bebal. Diberitakan Independent, tiga acara besar pun dituding sebagai episentrum penyebaran corona di Negeri Paman Sam.

Latihan Paduan Suara di Washington

Komunitas paduan suara di Mount Vernon, sekitar satu jam perjalanan dari Seattle–salah satu kota dengan penderita corona terbesar di Washington–mengadakan gladi resik mingguan mereka pada 10 Maret 2020 di Gereja Mount Vernon Presbyterian.

Ketika itu, belum ada kasus positif corona di wilayah tersebut. Akan tetapi, otoritas kesehatan setempat memberikan peringatan untuk menunda seluruh perkumpulan yang tak penting. Sayang, imbauan itu tak sampai ke seluruh anggota paduan suara. Setengah dari anggota paduan suara itu terlanjur datang.

Laman: 1 2 3

close