Dibaca ya...

Hidup Mapan di Prancis, Pria Ini Justru Pilih Tinggal di Indonesia Jadi Tukang Gali Sumur

26

Berita viral terbaru: Pria asal Prancis memilih menetap di Sumba, Indonesian dan mengabdikan diri untuk menggali sumur bagi warga miskin.

Sering kali kita jumpai turis atau warga negara asik yang memilih menetap di Indonesia lantaran telah cinta dengan daerah yang mereka kunjungi. Contohnya saja seperti Andre Graff, pria asal prancis ini.

Andre memilih untuk menetap di kampung Waru Wora, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tak hanya tinggal, Andre juga sangat peduli pada warga di sana. Salah satu bentuk kepedulian Andre yakni mengajak warga membangun sumur. Pasalnya, di daerah tersebut sangat kesulitan air bersih.

berita viral terbaru: pria prancis menggali sumur

Kini tempat tersebut telah memiliki sumber air bersih berkat bantuan dari mantan pilot serta dan pemilik balon udara panas ini.

Seorang tokoh masyarakat Waru Wora, Johanis Jauhega, mengatakan bahwa awalnya warga enggan mengikuti ide Andre untuk membangun sumur. Sebeb, warga pesimistis akan menemukan sumber air di sana.

Bahkan niat Andre sempat ditentang oleh tokoh masyarakat setempat. Merasa tak ingin menyerah, Andrea terus menyakini warga bahwa mereka bisa memiliki sumber air dengan membuat sumur.

Lantaran tak memiliki pengalaman, Andre mempelajari cara menggali sumur lewat buku dan internet.

Tak disangka, idenya yang dulu sempat dipandang sebelah mata nayatanya kini membuat puluhan keluarga bergantung padanya.

Sejauh ini telah ada puluhan sumur dengan sistem pompanisasi menggunakan listrik bertenaga surya berhasil dibuat. Tak hanya di Wura Wora, sumur yang sama juga dibuat di beberapa kampung lain.

Laman: 1 2

close