Dibaca ya...

5 Hal Aneh dan Menjijikkan yang Dimakan oleh Hewan, Berani Baca?

269

Manusia bisa dibilang sebagai makhluk pemakan segala di bumi ini. Berbagai jenis hewan dan tumbuhan telah dijadikan makanan oleh manusia dari berbagai kebudayaan. Beberapa di antaranya mungkin terdengar menjijikkan bagi kita, tapi orang-orang yang biasa memakannya menganggap hal itu normal dan bahkan enak.

Tapi seberapa menjijikkannya pun makanan manusia, makanan hewan bisa jauh lebih buruk lagi. Inilah 5 contoh hal aneh yang dijadikan makanan oleh hewan, dan beberapa di antaranya bahkan terbilang menjijikkan.

Oh ya, sebagai pengingat, lebih baik jangan baca artikel ini kalau kamu lagi makan, supaya kamu gak jadi mual!

1 Batu

Ada cukup banyak hewan yang menelan batu, bukan untuk dicerna tetapi untuk membantu tubuhnya mencerna makanan. Batu itu disebut gastrolit, biasanya berupa batu tajam yang ditelan untuk menggiling makanan di dalam perut hewan. Contoh hewan yang melakukannya adalah ayam, burung, unta, buaya, anjing laut, dan paus bergigi.

Namun ada satu jenis hewan yang benar-benar memakan dan mencerna batu. Hewan itu adalah Lithoredo abatanica, sejenis kerang yang berbentuk seperti cacing yang hidup di Filipina. Laman Live Science menjelaskan bahwa kerang ini makan batu, mencernanya, dan mengeluarkan sisanya berupa pasir.

5 Hal Aneh dan Menjijikkan yang Dimakan oleh Hewan, Berani Baca

Kerang ini hidup di perairan air tawar, dan para ilmuwan baru saja mengetahui soal keunikannya pada tahun 2018 silam. Dengan makan batu dan mengubahnya jadi pasir, kerang ini turut membantu menyediakan habitat bagi ikan, kepiting, serta berbagai hewan lain di sungai.

2 Tanah

Kebiasaan memakan tanah atau lempung disebut sebagai geofagi, dan hal itu cukup umum dilakukan oleh beberapa jenis hewan. Laman Discover Wildlife menyebutkan beberapa contoh hewan yang melakukan geofagi yaitu orangutan, burung makaw, kupu-kupu, dan spesies kucing besar misalnya leopard.

5 Hal Aneh dan Menjijikkan yang Dimakan oleh Hewan, Berani Baca

Kenapa mereka makan tanah? Itu karena mereka ingin mendapatkan mineral yang terkandung di dalamnya seperti besi, natrium, dan magnesium. Kupu-kupu misalnya, akan punya tingkat reproduksi lebih tinggi jika makan tanah yang mengandung natrium.

3 Racun

Ada banyak hewan yang mampu mengonsumi hewan atau tumbuhan beracun karena tubuhnya mampu menetralisir racun tersebut. Tapi ada pula hewan yang sengaja makan makanan beracun supaya bisa mengekstraknya dan menggunakannya untuk perlindungan. Bahkan meskipun mereka menderita kerugian tersendiri karena melakukannya.

Laman: 1 2

close