Dibaca ya...

4 Kontroversi Yasonna Laoly Selama Menjadi Menteri, Netizen: Harusnya Dipecat Segera!

101

Baca Ikhtisar Di antara puluhan para menteri yang membantu dalam perjalanan kabinet Presiden Joko Widodo, nama Yasonna Laoly terkenal dengan sederet pernyataannya yang kontroversi. Alhasil, Yasonna didesak dan diminta berhenti menjadi menteri oleh netizen yang sepertinya sudah sangat geram.

Yang terbaru ini, Yasonna memberikan usulan untuk melepaskan para narapidana koruptor yang sudah lanjut usia, demi mengurangi risiko terkena virus corona. Siapapun yang mendengar ini pastinya akan naik darah dong. Netizen menilai hal ini merupakan akal-akalan Yasonna saja. Namun, mereka juga tak tampak heran, karena Yasonna Laoly memang sudah sering membuat kontroversi sebelumnya.

Berseteru dengan Dian Sastro Wardoyo

Yasonna pernah berseteru dengan Dian Sastro perihal sejumlah pasal kontroversial di RKUHP. Dian Sastro memberi tanggapan terkait dengan revisi RKUHP. Ia mengunggah ulang sebuah tulisan Tunggal P di petisi daring Change.org, salah satu yang ia kritik adalah korban pemerkosaan yang akan dipenjara jika menggugurkan kandungannya.

Yasonna Vs Dian Sastro

Dian Sastro juga berulang kali menyebut kalau pasal-pasal yang ada di dalam UU tersebut sangat absurd. Saat Yasonna dimintai berkomentar dengan kritik Dian Sastro itu, ia malah mengatakan kalau Dian bodoh dan tak baca sebelum berkomentar. Setelahnya, tau sendiri apa yang terjadi, Yasonna diteror oleh para fans Dian Sastro yang baris paling depan membela idola mereka.

Menolak usulan revisi RKUHP

Meski sudah ditentang dan dikritik oleh banyak pihak, Yasonna tetap kukuh bahwa dirinya tak akan merevisi pasal-pasal dalam UU tersebut. Alasan Yasonna mengenai tidak perlunya ada penyusunan ulang adalah RKUHP yang ada saat ini sudah mengalami perjalanan panjang selama puluhan tahun demi menggantikan KUHP warisan Belanda.

Tolak revisi UU 

“Untuk mengatakan, kamu ulang kembali ini, ah no way! Sampai lebaran kuda enggak akan jadi ini barang,” kata Yasonna, melansir dari kompas.com. 

Tanjung Priok yang lahirkan para kriminal karena kemiskinan

Januari 2020 lalu, Yasonna pernah didemo oleh sejumlah warga Tanjung Priok. Para warga ini menggelar aksi di depan kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), mereka tak terima Yasonna menyebut bahwa Tanjung Priok tempat lahirnya para kriminal karena kemiskinan yang ada di daerah tersebut.

Sebelumnya ia membahas kalau seorang kriminal bisa lahir dari lingkungan yang warganya miskin-miskin. Saat ada yang bertanya apakah Menteng, ia menjawab bukan. “Tapi coba pergi ke Tanjung Priok, di situ ada kriminal. Lahir dari kemiskinan,” begitu kata Yasonna. Ya jelas saja para warganya marah dan tak terima, walau miskin, tak ada orang yang rela disebut kriminal.

Pamit 22 hari lalu jadi menteri lagi

Aksi satu ini membuat Yasonna Laoly disamakan netizen dengan selebgram Ria Ricis. Pada 27 September 2019 lalu, Yasonna mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Ia menyebut akan ‘pulang kampung’ setelah tak lagi jadi menteri.

Laman: 1 2

close